Sabtu, 13 April 2013

penemu facebook dan sejarahnya






facebook - siapa yang tidak mengenalnya dari mulai anak-anak sampai orang tua, dari mulai kalangan selebritis sampai kalangan orang biasa, dari mulai pelajar sampai anak jalanan, semua mengenal facebook sebagai situs jejaring social (social network) yang memudahkan mereka untuk bergaul dan bercengkrama antar sesama teman atau bahkan orang lain yang tidak mereka kenal sekalipun, banyak sahabat lama yang sudah lama berpisah dan kehilangan jejak berkat facebook mereka dapat kembali bertemu, banyak reuni sekolah yang terselenggara melalui situs jejaring sosial terbesar di dunia ini.


Sedikit sekali orang yang tahu pemilik sekaligus penemu facebook, dia adalah seorang anak muda yang bersahaja kelahiran tahun 1984 dengan total kekayaan mencapai lebih dari 17 Miliar Dollar Amerika atau setara dengan 170 triliun Rupiah, sungguh kekayaan yang tidak sedikit untuk seorang anak muda. Masuk dalam jajaran 400 orang terkaya versi majalah Forbes dan sebagai Person of the year 2010 versi majalah Times.

Penemu facebook : Mark Elliot Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg lahir di White Plains New York pada tanggal 14 Mei 1984 dan kemudian dibesarkan di Dobbs Ferry masih di kawasan New York AS. Sejak kecil sudah tertarik dengan bidang pemograman komputer, di usia 12 tahun Mark kecil telah menciptakan program massaging sederhana yang digunakan di rumah oleh keluarganya untuk saling berhubungan bahkan digunakan juga di kantor ayahnya yang seorang dokter gigi, sehingga resepsionis tidak perlu berteriak-teriak memanggil jika ada pasien datang. Selain itu ia juga bersama teman-temannya pernah membuat game berdasarkan keahliannya itu.

Semasa kuliah di Harvard Mark dan teman-temannya pernah terancam D.O karena berhasil menembus system keamanan jaringan komputer kampus dan meng-copy secara ilegal ratusan foto mahasiswa yang ia susun secara berdampingan di situs yang ia beri nama facemash setahun sebelum diluncurkannya facebook, di situs ini para pengguna diminta untuk memilih siapa yang lebih menarik diantara dua foto yang ia tampilkan pada setiap halaman situs tersebut, akan tetapi akhirnya pihak kampus memaafkannya dengan syarat Mark dan teman-temanya harus menutup situs tersebut.


Prestasi akademik di harvard (Mark Elliot Zuckerberg)


Semasa sekolah Mark Elliot Zuckerberg menunjukan prestasi yang gemilang, ia menonjol di bidang sastra, ia menguasai beberapa bahasa selain bahasa Ibu-nya bahasa Inggris, seperti bahasa Prancis, Ibrani, Latin dan Yunani kuno, beberapa kali mendapat penghargaan di bidang eksakta. Minatnya dalam bidang komputer membuatnya termotivasi untuk terus menciptakan software baru yang beberapa diantaranya pernah di tawar untuk di beli oleh perusahaan raksasa seperti AOL dan Microsoft. Sebagai remaja ia juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler diantaranya pernah menjadi kapten tim anggar di sekolahnya itu.

Setelah lulus dari Phillips Exeter Academy di New Hampshire kemudian Zuckerberg melanjutkan studi nya di Harvard University yang terkenal itu, tapi sayang hanya sampai pada tahun kedua, karena pada masa itu ia dan teman-temannya sesama pendiri facebook memutuskan untuk berhenti kuliah dan fokus pada project mereka untuk menciptakan facebook seperti yang sekarang kita nikmati secara gratis.
(baca juga: Benarkah Social Networking sepopuler Facebook tidak gratis lagi )

Sejarah berdirinya facebook 

Berawal dari kamar asramanya di Harvard, Zuckerberg bersama beberapa temannya meluncurkan situs pertemanan ini pada tanggal 4 Februari 2004, sedangkan nama facebook diambil dari direktori alumni Phillips Exeter Academy yang pernah mereka buat, yaitu semacam buku kelulusan atau buku angkatan kalau dikita, yang berisi nama, alamat, nomor telepon termasuk photo serta identitas lainnya yang dapat diakses oleh anggotanya secara online, dan para siswa menyebutnya “The facebook” itulah cikal bakal terbentuknya situs jejaring social yang kini penggunanya mencapai 600 juta lebih di seluruh dunia.


Milyarder muda yang sederhana dan bersahaja

Dalam bulan pertama facebook telah menjaring tak kurang dari setengah mahasiswa Harvard. Pada awalnya facebook diciptakan ekslusif untuk mahasiswa Harvard akan tetapi lama-lama diperluas ke kampus-kampus lain, sekolah menengah bahkan ke kantor-kantor hingga pada September 2006 facebook resmi dibuka untuk umum usia 13 tahun keatas.

Facebook berkembang menjadi situs paling popular mengalahkan situs serupa MySpace bahkan menyaingi raksasa search engine seperti Google dan Yahoo, dengan jumlah pengunjung jutaan perbulan. Di Indonesia jumlah pengguna facebook mencapai 24 juta atau sekitar 10 persen dari total penduduk Indonesia dan menempati urutan terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Kini facebook mempekerjakan lebih kurang 1.700 karyawan yang tersebar di 12 kantor cabang di seuruh dunia, sayang kantornya belum ada di Indonesia. Sumber pendapatan facebook seluruhnya dari penayangan iklan, raja software Microsoft adalah pengiklan utama facebook.

0 komentar :

Poskan Komentar